FOLLOW US

Melanoma : Tanda-tanda si Tahi Lalat Berbahaya

Senin, 27 Februari 2012

Melanoma : Tanda-tanda si Tahi Lalat Berbahaya
Tahi lalat atau bintik hitam terkadang bisa menjadi ciri khas dan bahkan mempermanis penampilan Anda. Namun waspadailah tahi lalat yang menempel di tubuh Anda dengan bentuk yang tidak normal. Tahi lalat abnormal ini bisa jadi merupakan pertanda melanoma, kanker kulit yang berbahaya. Jika dibiarkan dapat berpengaruh buruk. Kenali ciri-ciri melanoma dari tahi lalat di tubuh Anda berikut ini :

Bentuk
Jika tahi lalat bentuknya tidak bulat, berbentuk asimetris atau tidak beraturan, Anda patut mencurigai bahwa ini adalah peringatan dini melanoma.

Warna
Perhatikan warnanya, jika memiliki banyak warna seperti kecoklatan atau kebiruan, bisa jadi ini pertanda kanker.

Ukuran
Perhatikan ukuran tahi lalat Anda, ukuran normal tidak lebih dari ¼ inci.

Pinggiran tahi lalat
Tahi lalat normal memiliki pinggiran yang rata dan halus. Jika berbeda dari itu, waspadalah indikasi awal melanoma.

Perubahan
Jika tahi lalat Anda mengalami perubahan dari waktu ke waktu, baik dari bentuk, warna, maupun ukuran, Anda patut mencurigai inilah gejala melanoma.

Segeralah berkonsultasi ke dokter ahli jika Anda menemui gejala-gejala seperti di atas. Jika terdeteksi sejak awal, maka dapat mencegah melanoma turun kepada anak-anak Anda. Melanoma ini bukan hanya disebabkan oleh paparan sinar UVA dan UVB tetapi juga karena faktor keturunan. Lebih mencegah daripada mengobati bukan? (pfa)














EOS Softlens