FOLLOW US

Cheongsam Batik : Paduan Dua Kultur Budaya

Kamis, 3 Februari 2011

Cheongsam Batik : Paduan Dua Kultur Budaya
Busana khas tradisional masyarakat Tionghoa, dikenal dengan nama Cheongsam. Kerah model shanghai dan kancing silang di bagian atas dada memang menjadi ciri utama baju ini. Konon, awalnya cheongsam ditujukan untuk para wanita Tionghoa kelas atas. Mereka dinilai sangat anggun, cantik, dan berkelas ketika mengenakannya pada pesta-pesta. Maka tak heran, perayaan tahun baru imlek setiap tahun selalu identik dengan busana model Cheongsam selain apapun yang berwarna merah.

Cheongsam pun kian berkembang mengikuti dunia mode. Anda bisa menemukan cheongsam modern dengan model ada atau tanpa lengan, cheongsam mini, atau berbentuk long dress, atau cheongsam yang hanya sekedar atasan. Tidak hanya model, warna dan bahannyapun beragam. Cheongsam emas satin, cheongsam merah berpayet, cheongsam biru berbahan katun, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri, cheongsam juga populer di kalangan masyarakat keturunan yang merayakan imlek. Bahkan beberapa tahun terakhir tren cheongsam yang banyak digemari adalah cheongsam dengan motif batik. Terbayang sebuah kolaborasi dua kebudayaan yang menghasilkan karya indah. Baju tradisional Cina dan motif batik khas Indonesia.

Kenakan cheongsam batik dengan padanan pelengkap yang pas. Gunakan heels cantik dan clutch manis untuk acara formal, atau gaya casual dengan mini cheongsam batik yang dipadukan dengan flat shoes. Tatanan rambut pun mesti diperhatikan ketika ingin bergaya dengan cheongsam batik, model rambut up do akan menegaskan bentuk khas kerah shanghai layaknya putri-putri Tionghoa yang elegan. Happy Chinese New Year ! (pfa)
EOS Softlens