FOLLOW US

Jalan-jalan Seru ke Tangkuban Perahu, Bandung, Yuk!

Selasa, 5 Maret 2013

Jalan-jalan Seru ke Tangkuban Perahu, Bandung, Yuk!
Siapa yang tak mengenal Gunung Tangkuban Perahu? Gunung ini begitu tenar dengan legenda Sangkuriang yang menyelimutinya. Tentu anda pernah mendengar, Sangkuriang yang jatuh hati pada ibu kandungnya sendiri, Dayang Sumbi, karena si ibu terlihat awet muda. Namun sang ibu, tentu menyadari bahwa Sangkuriang adalah anaknya dan menolak cinta Sangkuriang. Karena marah, Sangkuriang pun menendang perahu yang menjadi syarat sang ibu hingga perahu tersebut terbalik dan membentuk sebuah gunung.

Terlepas dari ketenaran legendanya, Gunung Tangkuban Perahu menjadi salah satu objek wisata yang banyak diminati di Bandung, Jawa Barat. Layaknya suasana pegunungan lain, Tangkuban Perahu memiliki udara yang sangat sejuk dengan pemandangan yang indah menakjubkan.

Menyusuri jalanan menuju Gunung Tangkuban Perahu, anda akan disuguhkan dengan hamparan kebun teh dan juga hutan pinus yang begitu memanjakan mata. Jika anda datang dengan menggunakan kendaraan umum, anda bisa naik ke kawasan gunung ini dengan ojek atau dengan mobil bak terbuka yang tentunya lebih menantang.

Spot yang terkenal di Gunung Tangkuban Perahu ini adalah di sejumlah kawah yang ada di sekitar gunung ini. Kawah yang wajib dikunjungi adalah Kawah Ratu, Kawah Upas, dan juga Kawah Domas. Kawah Ratu adalah kawah yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi. Bukan cuma karena kawah ini memiliki tempat parkir yang nyaman, tapi juga karena kawah ini begitu mengagumkan. Sedikit tips, jika anda datang ke sini, jangan terlalu sore. Selain karena kabut yang semakin tebal, bau belerang akan tercium lebih menyengat di sore hari.

Setelah puas berfoto dan menikmati pemandangan di atas, anda bisa juga membeli oleh-oleh untuk kerabat yang di rumah. Terdapat pasar yang menjual aneka pernak pernik cantik yang menarik. Selain bantal, pajangan, aksesoris ruangan, banyak juga dijual barang-barang hasil rajutan, seperti syal, topi rajut, dan sebagainya. Berkuda dan menikmati makanan-makanan rebus dan bakar yang panas adalah hal lain yang bisa dilakukan di sini. Harga tiket masuk hanya sekitar Rp 13.000. [zee/foto:ist]