FOLLOW US

Pasar Ampel: Serasa Di Timur Tengah

Kamis, 5 Agustus 2010

Pasar Ampel: Serasa Di Timur Tengah

Siapkan hati sudah pasti, meminta dan member maaf kepada orang tua yang utama-nya, lalu kepada saudara, sahabat, dan handai taulan. Persiapan lain? Tentu saja selain jiwa, raga pun harus dipersiapkan, dalam menyambut datangnya bulan yang begitu dinanti jutaan umat muslim di dunia. Dan Indonesia sebagai salah satu Negara dengan mayoritas berpenduduk dengan jumlah agama Islam yang dominan dengan persentase jumlah sebanyak 86 % - dari 200 juta penduduknya, sudah barang tentu penuh dengan aneka kegiatan rohani, termasuk berbelanja, untuk memenuhi kebutuhan 'persiapan' tadi.

Salah satu penyebaran agama Islam di Indonesia, dan dengan jumlah pemeluknya yang cukup banyak, ada di tanah Jawa, dari barat hingga ke timur dari bagian pulau ini. Dengan para wali yang menjadi 'media' penyebar, dikenal dengan sebutan Wali Songo. Sunan Ampel merupakan satu dari sembilan sunan itu. Penyebarannya dilakukan di Jawa Timur – Surabaya, dan makamnya berada di daerah Ampel (mengambil dari nama Beliau).

Pasar Sunan Ampel merupakan kawasan dari wisata religi di Surabaya. Di daerah ini akan banyak dijumpai warga turunan Arab, tetapi jangan berharap mereka akan berbicara dalam bahasa tersebut, karena sudah lintas beberapa generasi. Postur tinggi putih, hidung mancung, dengan logat jawa timuran. Kurang lebih seperti itulah gambaran warga sekitar kawasan religi Ampel. Pasar adalah daerah awal penyusuran lokasi religi ini. Terdapat pula masjid yang pasti akan ramai dikunjungi terutama di bulan Ramadhan dan mendekati hari raya. Masjid ini didirikan oleh salah satu sunan penegak dakwah islam di tanah jawa dwipa ini menjadi pusat wisata religi pilihan bagi rakyat Indonesia, khususnya masyarakat di Jawa Timur.

Sebelum tiba di batas suci, area makam dan masjid, seru banget kalau berbelanja berbagai souvenir dan juga kebutuhan dalam menyambut bulan suci umat Islam, di pasar Ampel. Berbagai barang yang menarik diantaranya : air zamzam, kurma, gule kambing, roti maryam, kambing oven khas Ampel, buah kismis dan berbagai obat herbal khas Arab. Keunikannya, ya para pedagang yang berciri rupa Arabian, sehingga kita, dengan suasana sekitar, dengan barang-barang yang dijual, serasa berada di Timur Tengah!

Jenis buah yang paling banyak dibeli pada musim Ramadhan biasanya kurma. Tak mengherankan, karena dengan satu biji buah yang legit ini, konon Nabi Muhammad, sahur ataupun berbuka cukup dengan ini, dan mampu menjalani berpuasa sehari penuh. Kurma yang dijual di sini pun beragam. Kurma dari negeri 1001 malam ini memang murah dan berkualitas standar, dan yang paling banyak diborong pembeli adalah kurma Iraq. Bukan hanya kurma, kebutuhan untuk sholat dan busana layak dilirik dan dimiliki, baik yang made in Indonesia, ataupun made in middle east, seperti kopiah, sarung, baju gamis, koko dan lainnya. Siap menyambut datangnya Ramadhan dengan gaya Timur Tengah? Pasar Ampel salah satu yang layak untuk dikunjungi! (Nastya)