FOLLOW US

Surga Alam Di Bandung Selatan

Kamis, 22 July 2010

Surga Alam Di Bandung Selatan

Gunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat, sebagai alat transportasi menuju ke Kawah Putih yang berada di daerah Selatan Kota Bandung, berjarak 46 km atau 2,5 jam dari Kota Bandung. Terletak di Gunung Patuha, sebuah gunung di Jawa Barat. Dengan posisinya yang berada pada dataran tinggi, udara di sini, terbilang dingin. Temperatur berkisar 8 – 22 derajat celcius setiap harinya. Sementara untuk bulan Juli - Agustus bisa turun sampai 10ºC pada siang hari dan 5ºC pada malam hari. Yup, it's cold and foggy here. Tetapi dapat membuat kita membangun sebuah impian, karena ketenangan yang tercipta dan tentu saja keindahan tempat ini.

PT Perhutani pada tahun 1987 mengembangkan kawasan Kawah Putih sebagai sebuah objek wisata di Jawa Barat. Semenjak dahulu, masyarakat sekitar menyebut daerah ini sebagai tempat paling angker di Ciwedey. Dengan banyaknya burung-burung yang mati bergeletakan saat melintas/berada di daerah tersebut. Baru pada tahun pada tahun 1837 seorang ilmuwan Belanda Jerman Dr. Franz Wilhelm Junghun melakukan penelitian dan menemukan bahwa keangkeran tersebut karena adanya semburan lava belerang yang berbau sangat menyengat, dan dapat mematikan. Dengan adanya pengembangan dari perhutani, tidak perlu khawatir akan hal-hal gaib, cukup berhati-hati saja. Dan cukup jelas daerah-daerah yang dilarang untuk berlama-lama bagi pengunjung ataupun area yang tidak boleh dimasuki oleh pengunjung, dari tempat-tempat sekitar kawah. Kawah yang dapat berubah-ubah warna airnya, sesuai cahaya matahari.

Semilir angin yang berhembus, menyingkirkan bau belerang yang menyengat. Dengan pohon-pohon mengering disekeliling kawah itu, akan membawa pada sebuah mimpi tak berlapis. Mangabadikan warna putih pada awan di atas langit sana, batu-batu gunung, dan air pada kawah. Dingin pun menusuk, tetapi kalian akan lupa. Karena, kalian terbawa pada mimpi di surga yang tercecer, di Bandung Selatan. (Nastya)