FOLLOW US

Observatorium Tertua Di Dunia Ada Di Bandung

Jumat, 16 July 2010

Observatorium Tertua Di Dunia Ada Di Bandung

Observatorium Bosscha merupakan sebuah laboratorium astronomi yang menjadi perintis perkembangan astronomi dan ilmu pengetahuan antariksa di Indonesia. Selain itu juga merupakan laboratorium astronomi bagi pendidikan sarjana, pasca sarjana, sebagai model observatorium dan juga sebagai museum astronomi dalam dunia arsitek (dengan bentuk bangunannya yang unik) dan seni rupa. Teleskop utama di Observatorium Bosscha adalah refraktor Ganda Zeiss 60-cm (1928) yang digunakan untuk pengamatan bintang ganda dan planet.

Berlokasi di Lembang, kurang lebih berjarak 15 KM dari utara kota Bandung. Lembang disebut sebagai KOTA BINTANG (Bersih, Indah, Nyaman, Tertib, dan Anggun). Dikenal oleh dunia internasional karena keberadaan Observatorium Bosscha, yang telah berumur 87 tahun, didirikan pada 1 Januari 1923. Memiliki fasilitas teropong bintang dan perpustakaan astronomi yang terbaik dan terlengkap koleksinya di Asia Tenggara! Dan nama Lembang tercantum sebagai salah satu tempat diantara beratus tempat di dunia yang terpilih sebagai lokasi peneropongan bintang. Keren kan?! Bayangkan saja berjuta bintang bertabur di luasnya langit yang tak berpenopang, terutamanya di bagian lintang selatan, dilihat dari salah kota di Negara kita.

Perangkat di observatorium ini kini telah dilengkapi dengan World Wide Telescope (WWT). Data dari peneropongan puluhan teleskop raksasa di dunia telah mengungkap proses yang terjadi di jagat raya. Hasil yang diketahui adalah Galaksi Bimasakti dan Andromeda bergerak mendekat, dan dalam waktu dua miliar tahun, kedua galaksi tersebut akan bertabrakan, ini nantinya yang akan disebut kiamat. Berakhirnya sebuah kehidupan di bumi, yang berada di Galaksi Bimasakti. Sereeeemmm gak sih??? Itu akan menakutkan ketika kita not prepared, dengan segala kecanggihan yang ada, walau tak dapat merubah takdir, tetapi paling tidak, kita dapat mengamati perubahan dan perputaran benda-benda di angkasa sana, dan dijadikan sebagai it's a sign.

Kalau untuk ilmu pengetahuan pada bidang astronomi, sudah merupakan tugas para ahli sesuai fungsinya observatorium ini. Namun, tempat ini juga merupakan tempat untuk berwisata kok, karena telah ada konservasi terhadap kawasan di sekitar Observatorium dengan menjadikan Observatorium Bosscha sebagai Benda Cagar Budaya. Lalu, tunjuk satu bintang di atas sana. (Nastya)