FOLLOW US

Berpesta Di Pulau Pramuka

Kamis, 24 Juni 2010

Berpesta Di Pulau Pramuka

Pulau Pramuka merupakan pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu, bahkan merupakan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, dan masih masuk ke dalam wilayah Jakarta Raya. Sehingga dalam rangka memperingati dirgahayu kota megapolis kedua di dunia, setelah Tokyo – Jepang, yaitu DKI Jakarta dalam usianya yang telah menginjak 483 tahun, Pulau Pramuka larut dalam suasana suka cita ulang tahun ibukota Negara Indonesia tersayang ini.

Tepatnya pada tanggal 22 Juni, adalah kelahiran kota Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI telah menyiapkan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya, adalah : Pesta Bahari di Kepulauan Seribu. Di antaranya lomba renang antar pulau dengan Rute Pulau Panggang – Pulau Pramuka. Seru dan menyenangkan yaa?!! Terlibat dalam 73 item yang terlaksana selama satu bulan penuh. Manfaatkan liburan sekolah dengan pesta hari jadi di pulau ini.

Pulau yang memiliki luas lebih kurang 3 hektar, dengan 1.004 jiwa penduduk, dan ditempuh dalam waktu 2,5 jam – 3 jam perjalanan, tergantung keadaan kapal dan perairan. Sangat saying bila tidak dicoba. Dapat ditempuh melalui pelabuhan Muara angke atau Marina di ancol. Jika memilih melalui Muara angke, kalian bisa menumpang kapal penumpang berukuran sedang yang hanya ada dua kali dalam sehari, yaitu pada pukul 7 pagi dan pukul 1 siang, dengan biaya yang murah meriah, Rp 30,000/orang dan untuk yang memiliki kocek lebih, speedboat dari Marina – ancol akan member kecepatan dan kenyamanan bagi kalian, dengan waktu tempuh hanya 90 menit. Tentu saja dengan tarif yang lebih, antara 150 sampai 400 ribu per orang sekali jalan.

Perairan sekitar pulau pramuka memang sangat bagus untuk dijadikan lokasi snorkeling dan diving. Hal tersebut dikarenakan kejernihan air dan arus yang bersahabat, selain itu, kawasan ini mempunyai kekayaan ekosistem bawah laut yang masih terjaga kelestariannya. Untuk yang mempunyai hobi memancing, silahkan salurkan hobi kalian di dermaga pulau Pramuka yang terletak dibagian depan pulau. Atau, mau ikut merayakan pesta ulang tahun Jakarta di pulau ini dengan berenang rute tersebut di atas??? Tak mengherankan sebenarnnya bagi warga sekitar, hiburan yang seakan menjadi agenda wajib anak pulau, bahkan tak pelak dapat dikatakan cirri khas sekitar kepulauan ini adalah, gambar anak pulau yang melompat dari dermaga ke air laut, untuk berenang-renang, coba deh perhatikan tiap gambar hasil jepretan fotografer yang mengabadikan daerah di sana. Termasuk saya, Kodak moment kesederhanan, kegembiraan mereka, tak luput dari kamera yang dibawa oleh (fotografer) saya. (Nastya)