FOLLOW US
Gopego

10 Prediksi Android di Tahun 2013

Rabu, 2 Januari 2013

Android berjaya di tahun 2012 melalui penguasaan pasar smartphone melampaui iPhone. Google sebagai pemilik Android bisa dipastikan telah memiliki banyak rencana untuk semakin mengembangkan Android OS di tahun ini, lebih dari yang pernah ada dalam benak Anda. Dengan demikian Anda pastinya berharap ada banyak hal yang bisa dicapai Android di tahun 2013.

Di bawah ini adalah prediksi tentang perkembangan Android di tahun 2013. Meski hanya prediksi, tapi Anda bisa berharap sebagian besar bisa terwujud di tahun ini.

1. Revolusi Baterai
Motorola Droid 3,7 inci sangat memukau dengan ketipisannya. Phablet kisaran 5 inci juga cukup menarik minat publik. Sayangnya, inovasi produk Android tidak dibarengi kemampuan baterai yang hingga sekarang masih menjadi komponen paling banyak dikomplain pengguna. Di 2013, diharapkan Android akan mampu menemukan jalan keluar paling efektif untuk menciptakan baterai dengan desain tipis tapi memiliki daya tahan lama.

2. Google TV gaming controller
Google TV diharapkan memiliki pasar yang lebih luas, termasuk di Asia. Di tahun baru ini, banyak yang berharap Google akan melakukan ekspansi pasar Google TV plus dukungan game controller. Prediksi ini tak lepas dari banyaknya game controller yang beredar di pasaran tetapi belum satupun yang mendukung Google TV. Dengan kemampuan tersebut maka Anda pecandu game tidak akan lagi memerlukan konsol TV seperti OUYA. Selain itu Google TV faktanya telah memiliki kompabilitas OnLive cloud gaming tetapi belum mendukung Android games yang kompatibel dengan Google TV.

3. PC OS gabungan Android dan Chrome OS
Sejak 2009 lalu sejumlah developer telah mencoba porting Android untuk PC namun fungsi Android sebagai mobile OS untuk smartphone dan tablet menjadikannya tampak sangat buruk di PC. Anda barangkali telah lama berharap sebuah komputer dijalankan oleh Android OS tetapi Google sejauh ini belum mewujudkannya. Tidak memilih Android, Google justru mengembangkan Chrome OS yang penggunaannya hingga saat ini masih sangat terbatas untuk laptop Chrome.

Chrome OS tampaknya bisa menjadi jalan keluar terbaik baik Google untuk menyiasati sulitnya menggunakan aplikasi jika tidak terkoneksi internet. Google bisa mengawinkan Android dan Chrome OS untuk menjadikan Android ada di setiap perangkat baik smartphone, tablet maupun komputer desktop.

4. Nexus TV dari Google dan Samsung
Produk Nexus terbaru yang ada di benak Anda barangkali tidak lepas dari sebuah smartphone dan tablet. Di tahun ini inovasi baru diharapkan datang dari Nexus series. Nexus TV bisa menjadi sebuah solusi terbaik untuk memulai era baru di Android. Sebuah televisi berbasis Android bukanlah hal baru tetapi tidak dengan Nexus TV yang keseluruhannya didesain oleh Google dan penggarapan hardware diserahkan pada rekan kerjanya. Bukan tidak mungkin Google memilih Samsung untuk proyek awal Google Nexus TV.

5. Google dan Rayban Rilis Google Glass
Google Glass telah beberapa kali muncul dalam bocoran foto sementara Google pernah mengungkap bahwa kacamata pintar ala Android smartphone itu akan dirilis dan dipasarkan pada tahun 2013. Bekerjasama dengan Rayban untuk hardware, Google Glass diharapkan bisa dijumpai di toko ritel pada tahun ini seharga $1.500 per unit.

6. Nokia meninggalkan Microsoft dan beralih ke Android
Nokia dikenal sebagai raja ponsel untuk waktu lama sebelum kehadiran Android. Menolak bergabung dengan Android, Nokia justru memilih Microsoft sebagai partner eksklusif untuk mewujudkan Lumia Series Windows Phone. Sayangnya, penjualan Lumia Series tidak sesukses yang dikehendaki sementara sebenarnya peluang sukses Nokia sangat terbuka lebar jika mau bekerjasama dengan Google untuk membuat Nokia Android smarphone. Di tahun 2013, bisa saja Nokia menyadari kesalahannya karena telah menolak Android. Belum terlalu terlambat jika Nokia bersedia meninggalkan Microsoft dan beralih ke Android.

7. WiFi Charging Rilis
Di pameran elektronik tahunan terbesar di dunia CES 2010, RCA Airnergy memamerkan sebuah sistem baru dalam teknologi baterai. Teknologi tersebut memungkinkan baterai mengambil sinyal WiFi dan mengumpulkannya untuk mengisi daya baterai. Dengan demikian, Anda bisa charging baterai ponsel menggunakan gelombang WiFi yang ada di sekitar Anda. Sayangnya hingga 2 tahun teknologi tersebut tidak muncul dalam satupun produk di pasaran. Teknologi mengisi baterai ponsel menggunakan WiFi ini diharapkan bisa muncul di tahun 2013 bersama Android.

8. Google WiFi: Hotspots gratis di banyak tempat
Google melalui Android semakin mendunia. Bukan tidak mungkin jika di tahun ini Google akan membangun sebuah network WiFi hotspot untuk publik. Seperti telah menjadi ciri Google, layanan tersebut bisa diakses dengan harga yang sangat murah atau bahkan gratis dengan beberapa ketentuan. Akses WiFi untuk publik memang bukan hal baru tetapi kebanyakan yang ada saat ini adalah milik pemerintah dengan speed sangat lambat.

9. Google dan ASUS mengembangkan Nexus Padfone
ASUS Padfone, diikuti Padfone 2, tak disangkal menjadi sebuah gadget Android terkeren di tahun 2012. Sebuah Android smartphone yang bisa dipasang pada screen 10 inci untuk menjadikannya sebuah tablet merupakan inovasi keren dari ASUS. Di tahun ini, bisa saja Google menggandeng ASUS untuk mengembangkan Nexus Padfone, sebuah perpaduan smartphone/tablet Android yang dirancang berdasar Android OS versi terbaru dari Google.

10. Google Wallet gagal
Solusi mobile payment di masa depan yang dirancang melalui Google Wallet merupakan inovasi yang patut diacungi jempol. Tetapi harus diakui bahwa teknologi yang mulai dipakai di Amerika ini masih memiliki banyak kelemahan, salah satunya adalah minimnya dukungan opsel. Untuk saat ini Google Wallet hanya didukung satu opsel di Amerika (Sprint) sementara 3 opsel besar lainnya (Verizon, AT&T dan T-Mobile) lebih memilih ISIS yang memberikan keuntungan lebih besar bagi mereka dalam hal pembagian persentase hasil. Dengan alasan uang itulah diperkirakan Google Wallet tidak akan menuai kesuksesan di tahun ini. Yang lebih buruk, ada kemungkinan Google akan menutup layanan tersebut untuk dikembangkan menjadi produk lain yang lebih matang sebelum dirilis di kemudian hari.