FOLLOW US
Gopego

Cara Jitu Memilih Kamera Digital Saku

Rabu, 21 April 2010

Masalahnya saat ini banyak sekali produsen kamera yang mengeluarkan produk kamera saku ini yang menawarkan fitur-fitur menarik. Nah, rasanya tak perlu bingung dan ragu lagi bila Anda berkenan memiliki kamera digital saku. Berikut ini kiat jitu memilih kamera saku digital:

Ketajaman Lensa
Ketajaman gambar di dalam sebuah kamera tergantung dari lensa yang digunakan kamera. Pilih kamera yang memiliki lensa buatan pabrik ternama dan terpercaya. Sebelum Anda membeli kamera, mungkin ada sebaiknya Anda mencoba dahulu ketajaman lensanya.

Autofocus
Semakin cepat sebuah kamera mencari fokus saat membidik, tentunya akan mempermudah Anda ketika memotret. Seringkali saat Anda memotret harus beberapa kali menekan tombol Shutter, karena auto fokus yang berjalan lamban.

Fitur
Sebuah kamera tentunya harus memiliki fitur yang dapat mempermudah pemiliknya. Fitur yang wajib dimiliki sebuah kamera saku seperti image stabilizer. Fitur ini mengurangi risiko hasil jepretan foto bergoyang alias blur. Fitur yang lain yang harus dimiliki adalah manual mode, seperti pengaturan manual ISO, atau pengaturan exposure.

Resolusi
Seringkali orang salah kaprah, semakin tinggi resolusi, semakin baik hasil jepretan foto. Kamera saku beresolusi tinggi (di atas 10 MP) tidak selamanya menghasilkan gambar bagus. Bahkan sebaliknya tidak tajam karena sensor CMOS/CCD pada kamera saku yang berukuran kecil. Apabila sensor dipaksa bekerja dengan pixel yang terlalu banyak, maka akan menimbulkan efek noise (gambar bintik-bintik) ketika disetel dengan ISO tinggi.

Desain
Bentuk fisik kamera sangat berpengaruh ketika anda memotret. Pastikan desain kamera yang anda pilih cukup ergonomis alias nyaman digenggam, terutama pada saat menekan tombol shutter. Banyak kasus gambar menjadi shaking (bergoyang) karena tidak mantap dalam genggaman ketika jari kita menekan tombol Shutter.

Garansi dan Servis
Pastikan kamera saku yang akan Anda beli menyediakan garansi dan menyediakan suku cadang yang tersedia setiap saat.

Buku Manual
Sebelum anda membeli kamera digital, pastikan buku manual (berbahasa Indonesia) ada di dalam bundel penjualannya. (and/foto: ist)