FOLLOW US

Lomba Cipta Dan Festival Lagu Anak-Anak 2013

Selasa, 8 Oktober 2013

Lomba Cipta Dan Festival Lagu Anak-Anak 2013
Kerapkali kali terdengar anak-anak melantunkan lagu-lagu yang tidak sesuai dengan usianya. Seperti diketahui industri musik Indonesia belum berpihak pada anak-anak. Alhasil minimnya lagu anak-anak seperti bukan lagi rahasia umum.

Juju Masunah MHum, PhD , Direktur Pengembangan Seni Pertunjukkan dan Industri Musik Kemenparekraf melihat fenomena ini menegaskan musik memiliki posisi penting dalam membantu perkembangan karakter, kepekaan sosial, kecerdasan intelektual dan kreatifitas anak. Melalui musik yang mereka dengar, nyanyikan dan hayati, secara tidak langsung mereka belajar tentang kehidupan.

"Dominasi lagu bertema 'cinta' pada industri lagu populer Indonesia telah menenggelamkan peluang munculnya tema lain yang lebih sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Perhatian khusus pada kehidupan anak sebagai aset bangsa perlu diberikan agar kelak bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih kuat, mandiri, dan mampu berperan aktif dalam percaturan global," jelas Juju.

Melihat kondisi ini Kemenparekraf menggelar 'Lomba Cipta Dan Festival Lagu Anak-Anak 2013'. Lomba yang dapat diikuti oleh anak, remaja, maupun dewasa ini menurut Juju memiliki tujuan dapat menghasilkan lagu anak Indonesia yang bermutu sesuai usianya. Meningkatkan motivasi pencipta lagu untuk menghasilkan lagu anak yang bermutu. Memproduksi lagu anak-anak dalam bentuk pertunjukan dan rekaman. Selain itu, meningkatkan apresiasi terhadap lagu anak-anak.

"Sesuai tema Lomba Cipta dan Festival Lagu Anak-Anak tahun 2013 dan 2014 yakni 'Irama Hatiku' dan 'Irama Negeriku' ini memiliki misi penyadaran akan nilai-nilai kehidupan dan nilai budaya yang perlu dipelajari anak mulai dari dirinya sendiri dan lingkungan yang lebih luas yakni negaranya," ungkapnya.

Sementara ketentuan umum lomba ini, berupa karya asli dan belum pernah dipublikasikan. Lagu mengandung unsur budaya lokal. Lirik dalam bahasa Indonesia sesuai dengan perkembangan anak. Wilayah nada lagu sesuai dengan jangkauan suara anak. Tidak menimbulkan konflik SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan).

Karya yang diikutkan dalam ajang ini harus dilengkapi dengan aransemen (instrumentalia) lagu yang dikemas dalam bentuk CD audio. Naskah dikirim beserta biodata peserta yang berisi nama lengkap, tempat/tanggal lahir, alamat rumah, no telepfon, pendidikan, alamat sekolah/alamat kantor, pengalaman di bidang musik (bila ada). Naskah sudah diterima panitia paling lambat tanggal 24 Oktober 2013 (cap pos).

Bagi yang berminat naskah bisa dikirim ke alamat: Direktorat Pengembangan Seni Pertunjukan dan Industri Musik Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gedung Film Lantai 5, Jl. MT. Haryono Kav. 47-48 Jakarta Selatan, 12770, Telp. (021) 7902974/75.

Calender Event