FOLLOW US

Festival Film Bandung 2010: Jadi Milik 'Emak Ingin Naik Haji'

Sabtu, 24 April 2010

Festival Film Bandung 2010: Jadi Milik 'Emak Ingin Naik Haji'
Setelah kurang beruntung di penyelenggaraan Festival Film Indonesia beberapa waktu lalu, kini waktunya Emak Ingin Naik Haji unjuk gigi. Sebelum berlaga di Indonesia Movie Awards, film produksi Mizan Production itu terlebih dahulu mendulang piala di Festival Film Bandung 2010. Tak tanggung-tanggung film tersebut menyapu bersih 5 penghargaan sekaligus. Emak Ingin Naik Haji memperoleh award untuk kategori Penata Artistik Terpuji (Herlim Lanang), Sutradara Terpuji (Aditya Gumay), Pemeran Utama Pria Terpuji (Reza Rahadian), Pemeran Utama Wanita Terpuji (Ati Kanser) dan sekaligus predikat paling bergengsi sebagai Film Terpuji.

Diluar prediksi banyak pihak, Emak Ingin Naik Haji berhasil meruntuhkan dominasi Sang Pemimpi yang difavoritkan sejak awal. Film yang baru saja meraih penghargaan Netpac Critics Award dari Singapore International Film Festival itu harus bertekuk lutut pada film yang memotret kasih luar biasa seorang anak pada sang bunda itu. Sang Pemimpi sendiri masih beruntung karena masih mengoleksi 2 piala masing-masing untuk kategori Penata Kamera Terpuji (Gunnar Nimpuno) dan Penata Musik Terpuji (Aksan dan Titi Sjuman).

Puncak penghargaan Festival Film Bandung 2010 yang dilangsungkan di Hotel Horizon, Bandung, tadi malam (23/4) mencatat sejumlah peristiwa menarik berupa predikat ganda untuk sejumlah kategori. Seperti Upi (Serigala Terakhir) dan Ratna Sarumpaet (Jamila dan Sang Presiden) yang berbagi untuk penghargaan Penulis Skenario Terpuji, juga ada Ari Sihasale (King) yang dinobatkan sebagai Sutradara Terpuji bersama Aditya Gumay dan pendatang baru Fanny Fabriana (Hari Untuk Amanda) yang juga berbagi bahagia dengan Ati Kanser. (ipe/photo: istimewa)